10 April 2009

Blogwalking As The First Step To Success

. 10 April 2009

Ketika kita sedang berkunjung ke suatu alamat blog pada umumnya kita hanya berfokus pada materi atau tutorial yang diberikan secara gratis. Namun seorang blogger pemula (baca:seperti saya) biasanya belum tertarik untuk memberikan komentar pada alamat blog yang dikunjungi. Hal ini wajar mengingat Anda atau saya belum memahami dan terkadang tidak tahu bahwa ada manfaat positif yang akan kita peroleh jika kita mau meluangkan waktu sedikit untuk meninggalkan komentar atau saran.

Dalam dunia per-bloggeran ada aturan tidak tertulis bahwa pemilik blog akan berkunjung balik
ke alamat blog milik seorang blogger yang pernah meninggalkan komentar. Ini semacam etika yang selalu (baca: harus) ditaati oleh komunitas blogger baik di Indonesia maupun di belahan jagat raya lainnya.

Namun yang perlu diingat adalah kita jangan sampai meninggalkan komentar yang berlebihan atau terlihat seperti sedang berpromosi, walaupun sejujurnya hal itu adalah feedback yang kita nanti-nantikan. Jika Anda baru pertama berkunjung maka isikan komentar dengan salam perkenalan. Akan lebih baik lagi jika kita bisa menuliskan kata-kata yang memberikan pengaruh atau semangat bagi blogger lainnya.

Karena keyword untuk menjadi seorang blogger sukses adalah : kerjasama, saling mendukung, memberi semangat, yang pada akhirnya kita semua memperoleh kesuksesan yang maksimal baik dari segi kepuasan maupun earning (wah kalo denger kata earning .... badan saya jadi merinding....).

Salam Sukses untuk Blogger Nusantara !!!

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Ada-Bisnis-Online is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com